Belajar Aplikasi Excel Dasar

Diposting pada

Belajar Aplikasi Excel Dasar – Microsoft Office Excel merupakan sebuah program yang dirancang untuk melakukan perhitungan secara cepat dan canggih. Maka tidak mengherankan apabila program ini memiliki berbagai cara yang sangat memudahkan penggunanya dalam melakukan kalkulasi. Di bidang pendidikan, kita akan banyak membutuhkan aplikasi ini untuk melakukan berbagai macam perhitungan dalam segala disiplin ilmu, maka Excel sangat bermanfaat sebagai alat bantu bagi para pendidikan dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru.

Istilah pertama yang harus Anda fahami adalah sel. Sel merupakan pertemuan antara baris dan kolom. Tentunya kalian sudah faham bahwa Excel terdiri dari baris dan kolom, nah pertemuan antara baris dan kolom inilah yang disebut dengan sel. Misalkan kolom A pada baris pertama, maka disebuat sel A1.

Belajar Aplikasi Excel Dasar
Pengertian Sel

Di dalam aplikasi Excel ada istilah Formula yang mungkin langsung saja kita sebut dengan istilah Rumus. Excel juga memiliki istilah Function yang akan kita sebut dengan Fungsi  Excel.

Belajar Aplikasi Excel Dasar
Function/Formula bar

Rumus Excel merupakan alat yang memungkinkan Anda  untuk mengkalkulasi nilai data pada sebuah yang ditempati oleh formula itu maupun value yang ada pada sel-sel yang lain.

BACA JUGA :
1. Cara Upload Soal di Google Form Tanpa Copy Paste
2. Aplikasi Kartu Pelajar Berbasis Excel

Operator Dasar Excel

Belajar aplikasi excel dasar harus diketahui oleh orang yang menggeluti bidang pendidikan. Hal ini dibutuhkan ketika seorang pendidikan akan melakukan perhitungan pada hasil evaluasi siswa.

Untuk melakukan penjumlahan dalam Excel adalah dengan menggunakan operator plus (+) atau simbol tambah, untuk pengurangan menggunakan simbol minus (-), untuk perkalian menggunakan simbol bintang (*) dan untuk pembagian menggunakan simbol garis miring (/). Andaikan kita ingin menjumlahkan angka 1, 2, 3 maka cara penulisan rumus excelnya seperti kita menuliskan soal penjumlahan pada umumnya (1 + 2 + 3 ). Begitupun dengan pengurangan, perkalian dan pembagian

Bedanya dalam penulisan rumus excel harus harus di awali dengan simbol = / +, jadi dalam di formula bar nya ditulis

  • =1+2+3 (untuk penjumlahan)
  • =1-2-3 (untuk pengurangan)
  • =1*2*3 (untuk perkalian)
  • =1/2/3 (untuk pembagian)
Belajar Aplikasi Excel Dasar
contoh rumus dasar excel

LIHAT JUGA : BELAJAR EXCEL l FUNGSI TEXT (Upper, Lower, Proper, Trim)

Nah, apabila ingin melakukan penjumlahan value dalam sebuah sel maka penulisan rumusnya adalah dengan menuliskan nama selnya. Misal akan menjumlahkan cel A2, A3, dan A4 maka ditulis =A2+A3+A4

Belajar Aplikasi Excel Dasar
Perhitungan excel dengan menuliskan nama sel

Kiranya itu dulu yang bisa Mr. Ell tulis, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan di kolom komentar. Ataupu ada dari teman-teman yang mau menambahkan. Sampai jumpa di artikel excel berikutnya.

Gambar Gravatar
Mr. Ell berasal dari Wonogiri, Kelahiran 15 Januari 1988 Saat ini bekerja sebagai seorang guru di MTsN 1 Wonogiri

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *